Tips Hemat Untuk Belanja Bulanan


Wanita mana sih yang gak dyan belanja alias shoping? Banyak yang berkata bahwa belanja merupakan surganya para wanita. Terutama saat awal bulan, setelah gajian. Tetapi hati-hati, kebanyakan wanita yang kalap saat belanja akan mengakibatkan keuangan yang berantakan saat akhir bulan. Sering kali terjadi bencana, pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan. Untuk menghindari terjadinya hal itu, kita kaum wanita harus memiliki strategi hemat untuk belanja bulanan.

wanita suka belanja

Illustrasi

Berikut ini beberapa tips hemat untuk belanja bulanan, diantaranya:

1. Daftar Anggaran Belanja

Sebelum berbelanja anda perlu membuat daftar anggaran belanja. Daftar anggaran belanja ini adalah cara yang paling sederhana dan sangat membantu untuk mengontrol pengeluaran setiap kali Anda berbelanja mingguan maupun bulanan.

2. Selalu Menghitung Pengeluaran Rumah Tangga

Salah satu cara melakukan penghematan berbelanja adalah dengan selalu menghitung pengeluaran rumah tangga. Analisalah semua barang yang benar-benar Anda butuhkan dalam sebulan dan cobalah untuk mengikuti anggaran yang sudah disiapkan.

3. Membuat Daftar Belanja

Pastikan Anda selalu membawa daftar belanjaan ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari. Daftar belanja sangat penting untuk mengetahui jenis barang yang benar-benar anda butuhkan saat ini. Belanja tanpa membawa daftar rincian seringkali berujung pada pembelian barang-barang tidak penting.

Seorang pakar keuangan, Sarah Willingham mengatakan, “rata-rata rumah tangga akan menghabiskan 11% dari pengeluaran dalam seminggu untuk makanan yang bagi sebagian orang terlihat berlebihan, untuk itu perencanaan adalah kunci penting untuk memulai penghematan. Menetapkan anggaran mingguan dan menghabiskan waktu menulis daftar belanja akan sangat membantu untuk mengurangi pengeluaran.”

4. Jangan berbelanja dalam keadaan lapar

Memang terdengar sepele, namun kebanyakan orang akan lebih konsumtif ketika berbelanja dengan keadaan perut kosong. Mereka cenderung akan membeli makanan atau barang yang sesungguhnya tidak dibutuhkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *